xh-ePjTVTFs9ThBN5A-Kuvxj5GxXK_pwoPqh2dupFtc
Hari Kerja: Senin – Minggu ; 08.00 – 21.00 WIB
Asta-Gold Special Price Rp. 163 K (minimal Pembelian 2 BOX)----Asta-Gen 4 Special Price (beli 2 box hanya189rb/box isi 20) ----Astagen 12 Special Price (beli 2 box hanya 196 k/box isi 20) Korean Skin Care Set PENAWARAN PERDANA (disc. 40%) Rp. 925.000
Beranda » Artikel Terbaru » BAHAYA GORENGAN BAGI TUBUH

BAHAYA GORENGAN BAGI TUBUH

Diposting pada 2 Mei 2020 oleh owner | Dilihat: 216 kali

Buka puasa memang begitu nikmat dengan gorengan. Teksturnya renyah, rasanya gurih bikin makanan ini jadi andalan sebelum bersantap nasi

Sesekali mungkin aman, tapi kalau tiap hari bisa jadi bahaya,lho!

COVID19 belum usai, sebaiknya kita tetap menjaga kesehatan. Jangan sampai, ibadah puasa jadi tak lancar karena berbagai masalah kesehatan

Ternyata gorengan paling lambat untuk dicerna. Karena makanan berminyak mengandung kadar lemak yang tinggi, jenis makanan ini akan memperlambat pengosongan perut

Akibatnya, makanan pun akan lebih lama tertahan dalam perut. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa kembung, mual, sakit perut dan obesitas. Tentunya masalah ini mengganggu kita menjalani puasa

Seperti yang dikutip dari laman hellosehat.com, ada 5 bahaya yang wajib anda ketahui apabila sering mengkonsumsi makanan gorengan

1. Kualitas minyak goreng yang belum tentu bagus

para pengusaha gorengan pasti memperkirakaan bagaimana mendapatkan keuntungan dari berjualan gorengan dengan harga murah  dan salah satunya mengenai penggunaan minyak goreng.

Tidak semua gorengan yang Anda makan selalu dimasak dengan minyak baru atau yang belum pernah dipakai sebelumnya. Mungkin pernah atau bahkan sering, Anda makan gorengan dari minyak yang sudah dipakai berulang kali.

Minyak tersebut biasanya memiliki ciri khas warna coklat kehitaman yang sangat kentara. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa terlalu sering makan makanan yang digoreng berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, masing-masing jenis minyak goreng memiliki suhu maksimum yang membuatnya akan menghasilkan asap ketika dipanaskan (smoke point).

Ketika telah mencapai smoke point, kualitas minyak biasanya sudah mulai rusak sehingga tidak lagi bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh. Bukan hanya itu. Minyak goreng juga bisa dengan mudah teroksidasi saat dipanaskan pada suhu tinggi.

 


Baca juga  : Waspada Bahaya Minyak Curah Yang Dilarang Pemerintah


2. Penambahan Asupan Lemak Trans

Ada dua jenis lemak trans. Pertama, lemak trans alami yang hadir dalam jumlah sedikit di dalam makanan, seperti daging dan produk susu. Kedua, lemak trans buatan yang terbentuk ketika lemak jenuh melalui proses hidrogenasi, yang muncul saat makanan digoreng pada suhu tinggi.

Proses ini akan mengubah struktur kimiawi lemak, sehingga nantinya akan lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Alhasil, akan timbul berbagai efek buruk bagi kesehatan akibat kandugan lemak trans. Mulai dari meningkatnya risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga obesitas.

3. Mengandung Banyak Minyak

Salah satu alasan mengapa gorengan yang Anda makan terasa gurih saat dimakan, mungkin karena tepung berbumbu yang digunakan sebagai pelapis. Namun tahukah Anda, kalau tepung tersebut bisa menyumbang lemak dalam jumlah banyak ke dalam gorengan?

Ya, sifat menyerap minyak yang dimiliki oleh tepung menjadikan bagian tepung di gorengan mampu menyimpan banyak minyak setelah melalui proses penggorengan. Selain itu, semakin lama suatu makanan digoreng maka akan semakin banyak pula jumlah minyak yang terserap ke dalamnya.

4. Meningkatkan Resiko Berbagai Penyakit

Sebuah penelitian dilakukan oleh Department of Nutrition di Harvard School of Public Health, mendapatkan hasil bahwa makan makanan yang digoreng setidaknya seminggu sekali, dapat meningkatkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung. Bahkan, risiko ini akan semakin meningkat seiring dengan banyaknya jumlah gorengan yang dikonsumsi.

Memang sering tidak disadari, makan gorengan bisa meningkatkan tekanan darah, berat badan, dan menurunkan kadar kolesterol “baik” atau HDL. Kesemua hal tersebut merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung.

Sebagai contoh, wanita yang makan satu atau lebih porsi ikan goreng per minggu berpeluang mengalami gagal jantung sebesar 48 persen lebih tinggi ketimbang wanita yang hanya makan 1-3 porsi setiap bulan. Hasil tersebut diperoleh dari jurnal Circulation: Heart Failure.

Begitu pula dengan diabetes. Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, mengungkapkan bahwa orang yang makan 4-6 porsi gorengan per minggu berisiko 39 persen lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2, daripada yang hanya makan 1 porsi per minggu.

5. Bahaya Acrylamide

Acrylamide adalah suatu zat kimia yang terbentuk di dalam makanan ketika dimasak pada suhu tinggi, salah satunya digoreng. Zat ini dihasilkan dari reaksi kimia antara gula dan asam amino, bernama asparagin.

Kandungan acrylamide yang tinggi biasanya terdapat pada makanan bertepung, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Cancer, menemukan bahwa zat acrylamide berisiko  menimbulkan penyakit kanker ginjal, kanker endometrium, dan kanker ovarium.


Ganti kebiasaan Anda konsumsi gorengan dengan Slim Shake

1 Gelas saat Buka Puasa dapat mengembalikan cairan tubuh yg hilang, menurunkan resiko obesitas akibat lemak yang menumpuk

Slim Shake 90

Puasa Khusyu, Produktivitas Terjaga, Hidup Sehat dengan Slim Shake

Bagikan informasi tentang BAHAYA GORENGAN BAGI TUBUH kepada teman atau kerabat Anda.

BAHAYA GORENGAN BAGI TUBUH | Herbalsoho.com

Belum ada komentar untuk BAHAYA GORENGAN BAGI TUBUH

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 20%
ORDER CEPAT
APIS DORSATA (Gold Honey) Lebah Madu Raksasa

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 270.000 Rp 337.500
Ready Stock / PP0643
Rp 270.000 Rp 337.500
Ready Stock / PP0643
OFF 20%
ORDER CEPAT
ASTAXANTHIN SERIES PACK ANTI-AGING SPECIALIST

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 2.130.000 Rp 2.654.000
Ready Stock / PP0249
Rp 2.130.000 Rp 2.654.000
Ready Stock / PP0249
ORDER CEPAT
Liveron FX Menjaga Organ Hati

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 576.000
Ready Stock
*Mulai Rp 576.000
Ready Stock
SIDEBAR