xh-ePjTVTFs9ThBN5A-Kuvxj5GxXK_pwoPqh2dupFtc
Hari Kerja: Senin – Minggu ; 08.00 – 21.00 WIB
Imuno Activator Pack 1 (Tambah 75 ribu Dapat 2 Paket)....
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Jenis Vaksin Untuk Covid

Mengenal Jenis Vaksin Untuk Covid

Diposting pada 16 Januari 2021 oleh owner | Dilihat: 113 kali

Beberapa hari terakhir media televisi dan media sosial dihebohkan dengan berita bahwa Presiden Indonesia Joko Widodo di vaksin Covid pada tanggal 13/1. Sekaligus menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapat vaksin Covid-19

Vaksin untuk Covid-19 sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, pasalnya sudah lebih 1 tahun masyarakat dunia khususnya Indonesia dihantui oleh virus ini. Apalagi setelah presiden Joko Widodo mengumumkan akan memberikan vaksin gratis kepada seluruh warga negara Indonesia pada tanggal 16 Desember 2020 seperti yang dikutip dari lamannya Indonesia.go.id

Berita ini menjadi angin segar sekaligus berita yang menggembirakan bagi rakyat Indonesia, bahwa Negara hadir dalam kebutuhan dan kegelisahan ditengah-tengah masyarakat setahun belakang

Lantas, vaksin apa yang diterima Jokowi? menjadi pertanyaan sebahagian besar masyarakat dan bagaimana dampaknya setelah menggunakan vaksin? hal ini menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat karena dimedia sosial banyak sekali beredar informasi menyesatkan yang justru membuat masyarakat menjadi kuatir saat nanti akan diberikan vaksin

 

baca juga : Nutrisi dan Pencegah Corona bagi Ibu Hamil

Jenis Vaksin Covid 19

Diambil dari lamannya kompas.com, setidaknya ada 7 vaksin yang ditetapkan pemerintah dan akan digunakan dalam menghadapi pandemi Covid 19  sesuai dengan ketetapan itu dituangkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/12758/2020 yang diteken pada Senin (28/12/2020).

Selanjutnya berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group in Immunization) dan memperhatikan pertimbangan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).
dipakai hanya 6 vaksin sesuai Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9.860 Tahun 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19) (sumber : kompas.com)

Apa saja Vaksin tersebut mari kita ulas satu persatu seperti yang diambil dari lamannya Indonesia.go.id.

  1. Sinovac Biotech Ltd

Jenis vaksin inilah yang disuntikkan kepada Presiden Joko Widodo. Vaksin COVID-19 CoronaVac buatan Sinovac resmi sudah mendapat restu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam bentuk emergency use authorization (EUA) pada Senin (11/1/2021). Dalam uji klinis, vaksin Sinovac menunjukkan efikasi 65,3 persen.

Selain dari efikasi vaksin sinovac, imunogenesitas atau kemampuan untuk membentuk antibodi berfungsi membunuh dan menetralkan virus juga dinilai dalam uji klinis fase 3. Dari uji coba yang dilakukan di Bandung, didapatkan data antibodi sampai 3 bulan setelah penyuntikan sebesar 99,23 persen.

Efek samping yang ditimbulkan dari vaksin Sinovac adalah ringan hingga sedang.

Ada sekitar 1,2 juta vaksin yang datang pada kloter pertama dan sekitar 1,8 juta akan datang menyusul

baca juga : Pakai masker benar untuk menghindari virus corona

2. Vaksin Merah Putih

Vaksin Merah Putih merupakan hasil kerja sama antara BUMN PT Bio Farma (Persero) dan Lembaga Eijkman Institute. Pemerintah berharap vaksin Merah Putih dapat selesai pada akhir 2021. Bio Farma juga menjalin kerja sama dengan perusahaan vaksin asal China, Sinovac Biotech.

3. AstraZeneca

Uji coba yang dilakukan AstraZeneca dan Universitas Oxford menunjukkan vaksin virus corona produksinya memiliki keefektifan rata-rata 70 persen. Saat ini uji coba pada 20.000 sukarelawan masih berlanjut. Vaksin AstraZeneca dianggap mudah didistribusikan karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat dingin.

baca juga : Waspada Virus Corona, kenali gejala dan penyebabnya

4. China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm).

Meski pengujian tahap akhir belum selesai, namun di China, kurang lebih satu juta orang telah disuntik menggunakan vaksin ini di bawah izin penggunaan darurat. Sebelum vaksin Sinopharm terbukti berhasil seluruhnya, vaksin hanya digunakan pada pejabat China, pelajar, dan pekerja yang bepergian. Pada September 2020, Uni Emirat Arab menjadi negara pertama di luar China yang menyetujui penggunaan vaksin ini.

5. Moderna

Moderna mengklaim vaksin produksinya memiliki efektivitas sebesar 94,5 persen. Pada akhir November lalu Moderna mengaku telah mengajukan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 kepada regulator Amerika Serikat dan Eropa. Moderna meyakini vaksin buatannya telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan BPOM AS (FDA) untuk penggunaan darurat.

6. Pfizer Inc and BioNTech

Vaksin yang diproduksi Pfizer dan BioNTech telah mengajukan penggunaan darurat vaksin virus corona yang diproduksinya ke BPOM AS dan Eropa. Pada uji coba terakhir, 18 November 2020, mereka mengklaim 95 persen vaksinya efektif menangkal virus corona dan tidak menimbulkan risiko masalah keamanan.

 

 

 

Bagikan informasi tentang Mengenal Jenis Vaksin Untuk Covid kepada teman atau kerabat Anda.

Banner IDwebhost

Mengenal Jenis Vaksin Untuk Covid | Herbalsoho.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Jenis Vaksin Untuk Covid

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 20%
ORDER CEPAT
Nutrastika Pack 7 (Anti Osteoarthritis & Rematik)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 1.242.000 Rp 1.549.000
Ready Stock / pp0621
Rp 1.242.000 Rp 1.549.000
Ready Stock / pp0621
OFF 20%
ORDER CEPAT
Uticare : Infeksi Saluran Kemih & Anyang Anyangan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 215.000 Rp 269.000
Ready Stock
Rp 215.000 Rp 269.000
Ready Stock
ORDER CEPAT
Slim Shake 90

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 380.000
Ready Stock / SL0007
Rp 380.000
Ready Stock / SL0007
SIDEBAR